Admin
Admin
Online
Halo 👋
Ada yang bisa dibantu?
gambar

Visi Misi

 VISI, MISI DAN TUJUAN SATUAN PENDIDIKAN

 

A. Visi SD Negeri 2 Kalimanggiskulon

Program dan kegiatan Sekolah harus merujuk pada Visi yang telah ditetapkan. Visi bukan hanya Sekadar tulisan tanpa dipahami maknanya. Untuk menginternalisasi visi pada setiap warga Sekolah, maka visi perlu disosialisasikan secara berkala. Tanpa pemahaman terhadap visi maka kegiatan yang dijalankan menjadi tidak terarah.

SD Negeri 2 Kalimanggiskulon memiliki citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa yang akan datang yang diwujudkan dalam visi sekolah yang dirumuskan melalui musyawarah dengan berbagai pihak yang berkepentingan dan mengkaji keunggulan lokal. Adapun Visi SD Negeri 2 Kalimanggiskulon Kecamatan Kalimanggis sebagai berikut:

Terwujudnya Peserta Didik yang Berakhlak Mulia, Cerdas dan Kreatif dalam Semangat Pancasila

B. Misi SD Negeri 2 Kalimanggiskulon

Sebagai upaya mengimplementasikan visi sekolah, maka SD Negeri 2 Kalimanggiskulon menyusun Misi sebagai berikut:

1.     Mengembangkan sikap dan perilaku warga sekolah sesuai dengan nilai ajaran agama.

2.     Mengembangkan minat dan bakat peserta didik untuk meraih prestasi, baik akademik maupun non akademik.

3.     Melaksanakan proses pembelajaran yang berkarakter dan “PAIKEM”.

4.     Mewujudkan budaya hidup sehat bagi semua warga sekolah.

5.     Mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler pramuka, olahraga, keagamaan, kesenian dan keterampilan.

6.     Mewujudkan manajemen partisipasi dengan melibatkan warga sekolah dan stake holder untuk kemandirian sekolah.

 C. Tujuan SD Negeri 2 Kalimanggiskulon

Tujuan yang ingin dicapai SD Negeri 2 Kalimanggiskulon sebagai bentuk mewujudkan visi dan misi sekolah yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut:

1.     Berkembangnya sikap dan perilaku warga sekolah sesuai dengan nilai ajaran agama.

2.     Berkembangnya minat dan bakat peserta didik untuk meraih prestasi, baik akademik maupun non akademik.

3.     Terlaksananya proses pembelajaran yang berkarakter dan bermutu.

4.     Terwujudnya budaya hidup sehat bagi semua warga sekolah

5.     Berkembangnya kegiatan ekstrakurikuler pramuka, olahraga, keagamaan, kesenian dan keterampilan.

6.     Terwujudnya manajemen partisipasi dengan melibatkan warga sekolah dan stake holder untuk kemandirian sekolah Untuk mencapai tujuan sekolah tersebut, maka sekolah merumuskan tujuan jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang seperti terurai dibawah ini :

1. Tujuan Jangka Pendek (1 Tahun)

a.      Membentuk peserta didik yang beriman dan berakhlak mulia.

b.     Mendorong peserta didik untuk mampu mengreasikan ide yang dituangkan dalam tulisan atau tindakan yang berakar pada budaya lokal.

c.      Menyelenggarakan proses pembelajaran yang memacu peserta didik bernalar kritis, kreatif, dan inovatif dalam mengembangkan ide dan gagasan.

d.     Mengoptimalkan sarana prasarana sekolah yang menunjang pesertadidik dalam mengreasikan ide/gagasan yang berakar pada nilai budaya lokal.

e.      Menciptakan peserta didik yang mampu bernalar kritis dalam pelaksanaan kegiatan berbasis proyek yang mengedepankan jiwa kegotong-royongan.

2. Tujuan Jangka Menengah (2-3 Tahun)

a.      Membentuk karakter pembelajar sepanjang hayat berlandaskan profil pelajar pancasila.

b.     Memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan keragaman potensi, minat dan bakat serta kecerdasan intelektual, emosional, spiritual dan kinestetik secara optimal sesuai dengan tingkat perkembangannya.

c.      Memfasilitasi peserta didik untuk dapat meningkatkan budaya disiplin beribadah serta kesadaran hidup sehat

d.     Membekali peserta didik dengan keahlian berfikir kreatif dan berfikir kritis.

e.      Membekali peserta didik dalam penguasaan digital.

f.      Memfasilitasi peserta didik memiliki kepekaan (sensitivitas), kemampuan mengekspresikan dan mengapresiasi keindahan dan keseimbangan (harmoni), hidup bermasyarakat, berguna untuk orang lain

3. Tujuan Jangka Panjang (4 tahun)

a.      Merancang pembelajaran yang mengedepankan ciri khas sekolah dan daerah dalam nuansa kebhinekaan global yang harmonis.

b.     Membentuk peserta didik yang memiliki kemampuan daya saing, berkarakter, berprestasi dan memiliki pribadi yang beriman, rajin dan taat beribadah serta saling menghargai perbedaan dan mencintai lingkungan dan bangsanya.

c.      Menghasilkan lulusan yang mampu mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila dalam kehidupan nyata.

d.     Menjadi pemimpin bagi diri dan temannya untuk menjadi pribadi yang bernalar kritis, tangguh, percaya diri dan bangga dalam kegotongroyongan.

e.      Menguasai kecakapan dalam berkomunikasi sosial dan berjiwa kompetitif, kreatif dan mandiri yang tetap menjunjung budaya lokal.

f.      Mempunyai life skills yang mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman.

g.     Mampu mengreasikan ide/gagasan yang dituangkan dalam tindakan atau karya yang berakar dari budaya lokal dalam kebhinekaan global.

h.     Mempunyai karakter yang sopan, santun dan mandiri, kreatif, yang mampu bersaing sesuai perkembangan zaman.

i.       Menjadikan sekolah sebagai tempat untuk mengembangkan proses perkembangan intelektual, emomsional, sosial, keterampilan dan tumbuh kembang peserta didik sesuai tingkat kemampuan dan kondisi masin-masing peserta didik yang mengedepankan nilai gotong-royong.

Untuk mencapai tujuan sekolah yang merupakan upaya dalam mewujudkan ketercapaian visi, misi sebagai cita-cita seluruh warga sekolah, maka ditetapkan beberapa strategi yang merupakan rumusan indikator kinerja yang diharapkan dapat diwujudkan oleh seluruh warga sekolah dalam perannya masing-masing sesuai aturan yang berlaku.

Adapun rincian strategi tersebut adalah sebagai berikut:

a.      Peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan melelui pengembangan keprofesian yang berkelanjutan.

b.      Peningkatan implementasi pembelajaran yang PAIKEM, dengan menagcu pada pendekatan scientific dan penilaian yang otentik.

c.      Peningkatan disiplin kerja pegawai.

d.      Optimalisasi pendayagunaan sarana prasarana untuk pelaksanaan pembelajaran.

e.      Peningkatan pembelajaran berbasis ICT untuk setiap jenjang kelas.

f.       Peningkatan budaya mutu sekolah.

g.      Pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka, keagamaan, olahraga, dan kesenian di sekolah.

h.      Peringatan hari besar agama di lingkungan sekolah.

i.       Pengelolaan sekolah yang akuntabel dan partisifatif.

j.       Penanaman budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun).

k.      Pengelolaan sampah menjadi barang ekonomis dan pengendalian sampah di lingkungan sekolah.

l.       Penataan halaman sekolah menjadi sumber belajar dan tempat bermain yang menyenangkan dan aman.

m.    Pemanfaatan lahan sekolah untuk penanaman apotek hidup.

n.      Peningkatan budaya hidup sehat dan kepedulian peserta didik terhadap lingkungan sekolah.

o.      Pengembangan projek penguatan profil pelajar pancasila

Untuk melaksanakan beberapa strategi yang dipaparkan di atas, maka kami menetapkan beberapa prinsip dalam melaksanakan pelayanan di bidang pendidikan yang dilaksanakan di SD Negeri 2 Kalimanggiskulon Kecamatan Kalimanggis, sebagaimana tertera di bawah ini:

1.     Kerjasama dalam mengemban tugas.

2.     Untuk menciptakan suasana kekeluargaan.

3.     Laksanakan iman, islam, dan ihsan sebagai dasar berperilaku.

4.     Orang yang peduli, cermat dan perhatian pada pekerjaan.

5.     Normatif, amanah dalam menjaga titipan peserta didik.

6.     Do’a dan ridho illahi.

7.     Upayakan emulasi (Keinginan yang kuat untuk mengejar prestasi)

8.     Akhlak terpuji kami terapkan pada peserta didik.

Berbagi